Berbagai Informasi Pendidikan Terpercaya Di Berbagai Penjuru Dunia

Berbagai Fakta Menarik Tentang Jurusan Kedokteran

Fakta Menarik Jurusan Kedokteran – Kedokteran adalah salah satu jurusan yang dimintai saat melanjutkan pendidikan. Jurusan yang satu ini terkenal keren, tapi juga terkenal susah masuknya dan mahal biayanya. Makanya, gak heran mahasiswa kedokteran sering dikagumi banyak orang. Berikut ini adalah berbagai fakta menarik tentang jurusan kedokteran .

Kuliah Di Jurusan Kedokteran Sangat Panjang Prosesnya

Berkuliah di jurusan Kedokteran itu tidak hanya sekedar berkuliah sekitar 4 tahun terus lulus saja. Di jurusan Kedokteran terdapat kuliah Preklinik atau seperti kuliah biasa pada umumnya sekitar 3,5 atau 4 tahun mungkin juga ada yang lebih. Setelah kuliah Preklinik selesai, kamu memiliki gelar S.Ked (Sarjana Kedokteran).

Mahasiswa Kedokteran memerlukan proses yang panjang untuk menjadi dokter umum sekitar 6 tahun. Selain itu, kalau kamu ingin mengambil spesialis, harus melaksanakan sekolah bertahun-tahun tergantung spesialisasi apa yang akan diambil, contohnya seperti Spesialis Tulang sekolahnya 5 tahun, spesialis anak 4 tahun, radiologi 2 tahun dan tergantung universitasnya juga.

Menjadi Menjadi Kedokteran Itu Terbilang Sulit

Di jurusan Kedokteran harus menghafal nama latin anatomi atau struktur tubuh yang terbilang sangat banyak sekali materinya. Selain itu, kamu juga harus mengerti dengan gambaran abrstrak histologi (jaringan) tubuh di mikroskop yang tidak berbentuk, mempelajari juga apa yang terlihat dari luar seperti mata, kulit, telinga tapi kita juga mempelajari yang tidak terlihat seperti jantung, usus, rahim, anatomi, histologi dan fisiologinya.

Baca Juga : Rekomendasi Universitas Terbaik Negeri Dan Swasta Di Depok

Di jurusan ini juga mempelajari tentang cara sel berkomunikasi sampai tingkat gen dan DNA. Mahasiswa Kedokteran tidak hanya pintar di teori saja, tapi harus mahir di praktik/skill. Jurusan Kedokteran juga mengharuskan mahasiswanya belajar mengenai cara berkomunikasi yang baik, melakukan pemeriksaan benar, bersikap ramah, dan penolong.

Kuliah Kedokteran Menantang

Sebagai mahasiswa kedokteran Anda akan dituntut untuk memiliki mental yang tangguh. Mahasiswa kedokteran tidak boleh penakut atau merasa canggung karena Anda pun akan menggunakan mayat sebagai salah satu alat praktik. Kadaver atau mayat merupakan “guru besar” bagi para mahasiswa kedokteran. Dari situ mereka dapat mengamati setiap anggota tubuh, baik bagian dalam maupun bagian luar. Mahasiswa dapat memegang organ dalam seperti jantung, paru-paru, hati, usus, dan lain-lain.

Menjalankan Rutinitas Yang Sibuk

Mahasiswanya sangat sibuk dengan kehidupan akademik perkuliahan, mulai dari pretes, postes, responsi (ujiannya praktikum), turun ke puskesmas, Ujian Blok (di kedokteran sistem pembelajarannya perblok), dan Ujian Skill atau OSCE. Mahasiswa Kedokteran juga sangat sulit untuk diajak bertemu atau bermain diluar kampus.

Exit mobile version