Lompat ke konten
Beranda » Tips Agar Lolos UTBK-SBMPTN 2023

Tips Agar Lolos UTBK-SBMPTN 2023

  • oleh

Tips Lolos UTBK SBMPTN – Setiap tahunnya siswa dan siswi berjuang untuk bisa mengecap pendidikan di Universitas favorit mereka. Pemerintah menyediakan beberapa jalur untuk mempermudah para pelajar mengejar impiannya tersebut, diantaranya SBMPTN dan SNMPTN. Perlu diketahui SBMPTN sangat berbeda dengan SNMPTN yang menggunakan nilai raport dan prestasi untuk syarat utama kelulusan, sementara SBMPTN murni menggunakan hasil tes tertulis sebagai indikator lulus atau tidaknya.

Pilih Jurusan Sesuai Dengan Minat & Bakat

Hal pertama dan terpenting adalah tentukan jurusan yang diinginkan. Sebelum melangkah lebih lanjut dan memilih kampus mana yang akan dituju, pilihlah jurusan yang sesuai keinginan dan minat. Semakin awal pilihan ditentukan, semakin banyak waktu yang tersedia untuk mengatur strategi mendapatkannya. Hindari memiliki jurusan yang tidak kamu minati, karena kamu akan menghabiskan waktu selama 4 tahun untuk mempelajari mata kuliah tersebut. Setelah memantapkan pilihan jurusan, langkah selanjutnya adalah menentukan beberapa pilihan universitas yang memiliki jurusan tersebut.

Buat Jadwal Belajar

Waktu UTBK sudah semakin dekat. Buatlah jadwal belajar sesuai dengan waktu ujian nanti. Bukan hanya membuat jadwal, tapi disiplinlah dengan jadwal yang sudah dibuat. Ini penting, karena tak ada gunanya membuat jadwal tapi kita malas menepatinya.

Belajar Sesuai Gaya Sendiri

Masing-masing orang punya gaya sendiri dalam belajar. Ada yang tipe belakar, visual, auditori, dan kinestetik. Belajarlah dengan gaya yang Sobat Kampus suka dan biasa dilakukan selama ini. Usahakan jangan mengubah gaya belajar, apalagi mengikuti orang lain.

Pantau Peluang Pada Jurusan Dan PTN Incaran

Sambil menyiapkan diri menghadapi UTBK, jangan lupa untuk melakukan riset kecil-kecilan. Apa yang diriset? segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang kita incar. Selain skor rerata yang lolos SBMPTN pada tahun sebelumnya, tak ada salahnya bila kita mencari tahu berapa banyak kuota mahasiswa baru yang tersedia, berapa jumlah peminat, dan berapa yang diterima. Kalau perlu, kita dapat memetakan persaingan masuk PTN dengan lebih baik lagi – misalnya dengan melihat tren tiap tahun pada jurusan tertentu di suatu PTN. Jurusan atau prodi pertama yang dipilih di SBMPTN layak mendapat prioritas riset kita ini, Sobat. Dan bila memungkinkan, atau sekedar ingin tahu, kita juga bisa membandingkan jurusan-jurusan di PTN lain.

Manfaatkan Keuntungan Di Balik Sistem Penilaian Yang Baru

Penilaian SBMPTN akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu tidak perlu khawatir jika mendapat poin minus saat salah mengerjakan soal. Aturan tersebut lebih menguntungkan. Sebab kamu lebih mampu untuk menjawab soal lebih banyak. Namun, hal tersebut dilihat dari tingkat kesulitan soal, dan tentu kamu harus mampu mengerjakan soal yang sulit untuk mendapat poin tinggi.

Baca Juga : Rekomendasi Universitas Fakultas Sastra Inggris Terbaik Di Indonesia

Mempersiapkan Fisik Dan Menjaga Kesehatan

Tips Lolos UTBK SBMPTN terakhir mempersiapkan fisik serta menjaga kesehatan. Pelaksanaan UTBK tentunya membuatmu harus bisa tahan di depan layar komputer selama ujian berlangsung. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan tiap soal dengan maksimal. Untuk itu, kamu perlu menjaga matamu jangan sampai terlalu lelah dan tidak kuat dengan layar komputer. Upayakan selalu tidur tepat waktu dan tidak memaksakan diri saat belajar. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatanmu sehingga saat mengikuti ujian, dirimu dalam keadaan paling fit. Kalau perlu, konsumsi vitamin dan suplemen yang kiranya dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Jangan lupa, kurangi kegiatan-kegiatan yang kiranya dapat menguras tenaga dan mengganggu kesehatanmu, khususnya kesehatan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *