Lompat ke konten
Beranda ยป Tips Memilih Organisasi Kuliah Untuk Mahasiswa Baru

Tips Memilih Organisasi Kuliah Untuk Mahasiswa Baru

  • oleh

Tips Memilih Organisasi Kuliah – Bagi calon mahasiswa baru, perlu diketahui bahwa masa kuliah harus dimanfaatkan secara maksimal yakni mengisinya dengan kegiatan positif. Pasalnya tahapan ini menjadi bekal untuk langkah selanjutnya yakni mencari kerja. Sebagai mahasiswa baru tidak hanya semata-mata kuliah dan mengerjakan tugas saja, tapi juga harus mencari banyak pengalaman.Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari kayakafrica .

Kenali Budaya Dan Iklim Kerja Organisasi

Kedua, kita harus mengenali bagaimana dinamika kerja di organisasi tersebut. Apakah kita cocok dalam budaya kerja yang kaku dan terstruktur, atau santai dan tentatif harus kita pertimbangkan. Kita harus melihat bagaimana organisasi tersebut menjalankan program kerja.Selain itu, kita juga harus melihat bagaimana pergaulan di dalam organisasi tersebut. Misalkan, dari organisasi bela negara pastinya memiliki pergaulan yang tegas antara senior dengan junior, kita juga harus mempertimbangkan apakah kita nyaman jika bergaul dalam iklim yang demikian.

Pilih Organisasi Atau UKM Berdasarkan Kemampuan

Tips Memilih Organisasi Kuliah selanjutnya pilih organisasi berdasarkan kemampuan. Kamu juga sebaiknya memilih organisasi berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Jika kamu terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu di luar kemampuanmu, maka kamu akan kesulitan untuk berorganisasi secara baik dan optimal. Kenyamanan sendiri sangat penting untuk kalian dalam berorganisasi.

Pastikan Organisasi atau UKM yang Kamu Pilih Bermanfaat

Tentu saja, memilih organisasi atau UKM juga perlu memerhatikan aspek manfaat dan dampak yang diberikan. Manfaat atau hasil ini bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga manfaat bagi lingkungan sekitar dan kehidupan manusia di beragam sektor. Kamu bisa memilih organisasi atau UKM yang mampu menambah motivasi belajar, mengembangkan skill yang mendukung dunia kerja, menambah relasi, jaringan pertemanan, pemahaman isu sosial dan sebagainya.

Pertimbangkan Frekuensi Kegiatan Organisasi

Terakhir, kita perlu sadar bahwa kuliah adalah prioritas utama kita sebagai mahasiswa. Kita harus mengetahui seberapa padatnya kegiatan suatu organisasi. Agar kegiatan kuliah pun jadi tidak terganggu, kalian pun dapat menyeimbangkan waktu dan hasil antara akademik dan non akademik.

Hindari Mengikuti Keinginan Teman

Pastikan kamu memilih UKM atau organisasi yang sesuai dengan keinginanmu, bukan keinginan orang lain, terutama temanmu. Baca juga: Musim Liburan, Pakar: Taati Informasi Mitigasi Bencana di Tempat Wisata Jika kamu memiliki fisik yang tidak cukup kuat untuk mendaftar UKM pecinta alam seperti temanmu, sebaiknya kamu tidak mengikutinya. Pilihlah organisasi kuliah sesuai dengan minatmu agar tidak menyesal setelah masuk organisasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *